Home ยป Perbedaan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Perbedaan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi nasional

Dalam artikel ini kita akan membahas kapan sebuah negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi dan kapan sebuah negara dapat dikatakan sedang ada pembangunan ekonomi . Lalu apa perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Hal yang paling mendasar dari perbedaan kedua istilah tersebut adalah pada pertumbuhan ekonomi lebih menekankan pada PDB yaitu Produk Domestik Bruto atau jumlah produksi barang dan jasa yang dihasilkan unit produksi pada suatu daerah dalam rentan waktu tertentu.

Masih merasa bingung ? Mari kita bahas !

Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan barang & Layanan yang diproduksi oleh suatu negara dalam periode waktu tertentu. Peningkatan output barang dan jasa yang stabil dan konstan dapat disebabkan oleh peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan teknologi atau dengan cara apa pun yang menyebabkan penambahan nilai barang dan jasa yang diproduksi oleh setiap sektor ekonomi.

Hal ini dapat diukur sebagai persentase peningkatan dalam produk domestik bruto riil (keseluruhan nilai pasar dari barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian, yang diukur dengan harga konstan atau harga dasar) dimana produk domestik bruto (PDB) sudah disesuaikan dengan inflasi.

Pada pertumbuhan ekonomi kita berfokus pada nilai-nilai yang berhubungan dengan keuangan seperti inflasi, saham dan harga.

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi adalah proses yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi baik kualitatif maupun kuantitatif. pertumbuhan ekonomi mengukur semua aspek yang mencakup orang-orang di suatu negara seperti kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan.

Pembangunan Ekonomi dapat menciptakan lebih banyak peluang di sektor pendidikan, perawatan kesehatan, pekerjaan dan pelestarian lingkungan. Ini menunjukkan peningkatan pendapatan per kapita setiap warga negara. Standar hidup mencakup berbagai hal seperti air minum yang aman, meningkatkan sistem sanitasi, fasilitas medis, penyebaran pendidikan dasar untuk meningkatkan tingkat melek huruf, pemberantasan kemiskinan, jaringan transportasi yang seimbang, peningkatan kesempatan kerja dll.

Kesejahteraan indikator utama dalam pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, peningkatan dalam pembangunan ekonomi lebih penting bagi perekonomian untuk mencapai status Negara Maju.

Sehingga fokus dari pembangunan ekonomi lebih kepada kesejahteraan masyarakat.

"Perbedaan

7 Perbedaan Utama Antara Pembangunan Ekonomi vs Pertumbuhan Ekonomi

Inilah 7 perbedaan antara Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi :

  1. Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan output riil negara dalam rentang waktu tertentu. Sedangkan, Pembangunan Ekonomi adalah peningkatan tingkat produksi dalam suatu ekonomi seiring pengayaan standar hidup dan kemajuan teknologi.
  2. Pertumbuhan ekonomi tidak mempertimbangkan Penghasilan dari Ekonomi Informal (Kegiatan ekonomi yang tidak tercatat). Sedangkan, Pembangunan Ekonomi mempertimbangkan semua kegiatan, baik formal maupun informal dan memudahkan orang dengan standar hidup rendah tinggal ditempat yang sesuai dan mendapatkan pekerjaan yang layak.
  3. Pertumbuhan ekonomi tidak mencerminkan menipisnya sumber daya alam. Namun, Pembangunan Ekonomi berkaitan dengan Keberlanjutan, yang berarti mementingkan hal tersebut.
  4. Pertumbuhan ekonomi adalah bagian dari pembangunan ekonomi.
  5. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB). Pembangunan Ekonomi mengacu pada peningkatan Pendapatan Nasional Nyata dari struktur ekonomi dan sosial-ekonomi dalam perioder tertentu.
  6. Pertumbuhan Ekonomi mengacu pada kenaikan nilai semua produk yang diproduksi dalam perekonomian. Ini menunjukkan peningkatan tahunan dalam PDB atau GNP negara dalam bentuk persentase produk nasional per kapita selama suatu periode, yaitu tingkat pertumbuhan peningkatan dalam total output harus lebih besar daripada tingkat pertumbuhan populasi
  7. Pertumbuhan Ekonomi dapat diukur melalui peningkatan PDB, pendapatan per kapita, dll. Namun, Pembangunan Ekonomi dapat diukur melalui Peningkatan dalam tingkat harapan hidup, tingkat kematian bayi, tingkat melek huruf, dan tingkat kemiskinan.

Pembangunan Ekonomi adalah konsep yang lebih besar daripada pertumbuhan ekonomi. Pembangunan Ekonomi menggunakan berbagai indikator untuk mengukur kemajuan ekonomi secara keseluruhan, namun, pertumbuhan ekonomi hanya menggunakan indikator spesifik seperti produk domestik bruto, pendapatan individu, dll.

Baca juga: 10 Perbedaan pasar bisnis dan pasar konsumen. Klik Disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *