pencetus teori keunggulan komparatif yang menjadi teori perdagangan internasional adalah

1 min read

jawaban pencetus teori keunggulan komparatif yang menjadi teori perdagangan internasional adalah

Kali ini kita akan menjawab soal siapa pencetus teori keunggulan komparatif yang menjadi teori perdagangan internasional adalah …

Pertanyaan ini biasanya muncul di ujian-ujian jurusan ekonomi.

Jawaban dari pencetus teori keunggulan komparatif yang menjadi teori perdagangan internasional adalah Adam Smith.

Memangnya siapa adam smith dan teori keunggulan komparatif

Dalam buku The Wealth of Nations karya Adam Smith, dia menekankan berartinya spesialisasi selaku sumber kenaikan output, serta ia memperlakukan teori perdagangan internasional selaku contoh eksklusif spesialisasi. Yang mana belahan dunia senantiasa mempunyai sumber energi produktif sangat jarang serta kemauan manusia tidak bisa seluruhnya terpenuhi oleh mereka.

Dalam teori keunggulan komparatif merupakan suatu negara tidak hendak memiliki seluruh keunggulan absolut dalam memproduksi sehingga mereka wajib memilah benda yang sangat efektif serta efisien buat mereka penciptaan. Tingkatan efisiensi ini dalam nampak dari ketersediaan BB( Bahan baku), Teknologi serta Tenaga kerja pakar.

Contohnya yaitu Negara A dapat menciptakan alumunium sebanyak 1 ton/ jam serta Negara B dapat menciptakan sama dengan Negara A. Setelah itu Negara B bisa memproduksi mobil mutahir memakai alumunium tersebut sebanyak 100 unit/ hari, sebaliknya Negara A dapat membuat sebanyak 120 unit/ hari.

Cuma saja sebab Negara A mempunyai sumber energi yang melimpah buat bijih alumunium, harga penciptaan mereka jauh lebih rendah. Tetapi dalam memproduksi mobil meski dari Negara A dapat memproduksi lebih banyak namun Negara B lebih unggul dari segi teknologi. Sehingga bila Negara A memproduksi mobil dengan teknologi yang sama dengan Negara B bisa kita yakinkan harga mobil tersebut hendak naik berkali- lipat daripada mobil dari Negara B.

Itulah yang dimaksud dengan teori keunggulan komparatif.

pencetus teori keunggulan komparatif yang menjadi teori perdagangan internasional adalah

Setelah memahami penjelasan di atas, setidaknya kamu tidak akan ragu untuk menjawab pencetus teori keunggulan adalah Adam Smith.

Memang Adam smith ini sangat terkenal sekali di dunia ekonomi bernegara. Dan seluruh ahli ekonomi banyak memakai gagasannya untuk mengembangkan ilmu ekonomi mereka.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *