Home » Peran Manajer Dalam Organisasi Menurut Ahli Henry Mintzberg

Peran Manajer Dalam Organisasi Menurut Ahli Henry Mintzberg

Peran Manajer Dalam Organisasi Menurut Ahli Henry Mintzberg

Henry Mintzberg, merupakan seorang peneliti manajemen terkemuka, melakukan penelitian untuk mencari tahu apa sebenarnya tugas atau tanggung jawab seorang manajer. Pada 1916 Henri Fayol pertama kali memberikan definisi tentang manajer dan kemudian mengenai apa peran manajer dalam organisasi.

Henry Mintzberg ingin mengetahui apakah definisi manajer yang sudah berusia 50 tahun masih relevan di tahun 60an dan 70an. Jadi dia melakukan penelitian berdasarkan metode observasi terstruktur. Untuk ini Mintzberg mengamati kegiatan harian lima eksekutif selama periode satu minggu.

Mereka semua berasal dari 5 organisasi yang berbeda; perusahaan konsultan, sekolah, perusahaan teknologi, produsen barang-barang konsumen dan rumah sakit. Dia menganalisa semua yang aktivitas yang mereka lakukan.

Baca juga: Perbedaan Pemimpin dan Manajer Perusahaan ! Bosmu yang mana ?

10 Peran Manajer Dalam Organisasi

Laporan penelitiannya yang berjudul “MANAGERIAL WORK: ANALYSIS FROM OBSERVATION” , Mintzberg mengatakan bahwa apa yang dilakukan manajer paling baik digambarkan dengan melihat peran yang mereka mainkan di tempat kerja.

peran manajer dalam organisasi menurut henry

Dia mengidentifikasi 10 peran manajer dalam organisasi dan mengkategorikannya menjadi 3 kategori, yaitu:

  1. Peran interpersonal
  2. Peran informasi
  3. Peran pengambilan keputusan
KategoriPeran
InterpersonalPanutan (figurehead)
Pemimpin (leader)
Penghubung (liaison)
InformasiPemantau (monitor)
Penyebar (disseminator)
Juru bicara (spokesperson)
Pengambil KeputusanPengusaha (enterpreneur)
Penanganan masalah (disturbance handler)
Pengalokasi sumber daya (resource allocator)
Negosiator (Negotiator)

Kategori Interpersonal

Peran manajerial dalam kategori ini melibatkan penyediaan informasi dan ide.

  • Figurhead – Sebagai seorang manajer, Anda memiliki tanggung jawab sosial, seremonial, dan legal. Anda diharapkan menjadi sumber inspirasi. Orang-orang memandang Anda sebagai orang yang memiliki otoritas dan sebagai role model.
  • Leader – Disinilah Anda memberikan kepemimpinan untuk tim Anda, departemen Anda, atau mungkin seluruh organisasi Anda; dan di situlah Anda mengelola kinerja dan tanggung jawab semua orang dalam grup.
  • Liaison – Manajer harus berkomunikasi dengan kontak internal dan eksternal. Anda harus dapat membangun jaringan secara efektif atas nama organisasi Anda.

Kategori informasi

Peran manajerial dalam kategori ini melibatkan pemrosesan informasi.

  • Monitor – Dalam peran ini, Anda secara teratur mencari informasi yang terkait dengan organisasi dan industri Anda, mencari perubahan yang relevan di lingkungan. Anda juga memonitor tim Anda, dalam hal produktivitas, dan kesejahteraan mereka.
  • Disseminator – Di sinilah Anda mengomunikasikan informasi yang berpotensi bermanfaat kepada kolega Anda dan tim Anda.
  • Spokesperson – Manajer mewakili dan berbicara untuk organisasi mereka. Dalam peran ini, Anda bertanggung jawab untuk mengirimkan informasi tentang organisasi Anda dan tujuannya kepada orang-orang di luarnya.

Kategori Pengambil Keputusan

Peran manajerial dalam kategori ini melibatkan penggunaan informasi.

  • Entrepreneur – Sebagai seorang manajer, Anda membuat dan mengendalikan perubahan dalam organisasi. Ini berarti menyelesaikan masalah, menghasilkan ide-ide baru, dan mengimplementasikannya.
  • Disturbance Handler – Ketika organisasi mendapatkan masalah tak terduga, manajerlah yang harus mengambil alih. Anda juga perlu membantu menengahi perselisihan di dalamnya.
  • Resource Allocator – Anda juga perlu menentukan di mana sumber daya organisasi paling baik diterapkan. Ini melibatkan pengalokasian dana, serta menugaskan staf dan sumber daya organisasi lainnya.
  • Negosiator – Anda mungkin perlu ikut serta dan mengarahkan negosiasi dalam organisasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *