Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

3 min read

Marketing management atau manajemen pemasaran adalah salah satu jenis manajemen yang sangat dibutuhkan dalam suatu bisnis. Manajemen marketing ini mencakup jasa atau produk dari produsen agar lebih luas dikenal oleh konsumen. Maka dari itu, pihak perusahaan dapat lebih mengerti lengkap tentang manajemen pemasaran.

Manajemen pemasaran adalah suatu proses manajemen yang diperhatikan oleh suatu perusahaan atau organisasi dikarenakan kontribusi dalam banyak hal guna kelancaran proses dari sebuah pemasaran produk. Manajemen pemasaran memiliki sebuah tugas untuk menganalisa dan mengukur strategi dari proses pemasaran suatu perusahaan.

Baca Juga: 8 Ide Usaha Rumahan Kreatif Yang Perlu Anda Coba

Melihat hal tersebut maka tak heran jika manajemen pemasaran adalah salah satu elemen yang tidak dapat dihilangkan ketika membuka sebuah usaha. Dengan adanya bantuan manajemen pemasaran, suatu perusahaan dapat mencapai target pasar yang diinginkan serta mendapat lebih banyak konsumen dari berbagai kalangan.

Ulas Pengertian Marketing Management

marketing management adalah suatu analisis perencanaan, pengendalian terhadap program – program yang telah didesain untuk membangun, menciptakan serta menjaga adanya pertukaran yang menguntungkan antara penjual dan pembeli guna mencapai suatu tujuan perusahaan atau tujuan organisasi.

Kottler dan Keller tahun 2012 menyatakan marketing management adalah suatu usaha untuk merencanakan serta menerapkan yang terdiri atas mengarahkan, mengawasi atau mengendalikan kegiatan hingga mencapai suatu tujuan tertentu dari perusahaan. Manajemen pemasaran terbagi menjadi dua kata yakni manajemen dan pemasaran, manajemen merupakan suatu proses perencanaan, penggerakan, pengorganisasian, pengawasan serta pengarahan.

Sedangkan pemasaran merupakan perencanaan, analisis, memelihara pertukaran yang saling menguntungkan serta membangun antar penjuall dan pembeli hingga mencapai suatu tujuan untuk perusahaan.

Sofyan Assauri menyebutkan marketing management adalah salah satu kegiatan perencanaa, penganalisaan, pengendalian program, pelaksanaa, memelihara keuntungan, serta membangun suatu pertukaran dengan sasaran pasar yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Sedangkan menurut Philip, manajemen pemasaran adalah suatu proses pelaksanaan dan perencanaan, penetapan harga ekonomi, penyaluran barang jasa dan pemikiran guna menciptakan adanya pertukaran yang dapat memenuhi sasaran baik individu di dalam sebuah organisasi. Dalam hal ini, manajemen pemasaran akan melibatkan adanya sasaran pemasaran dan pengaturan tujuan, pengaturan fungsi pemasaran, pengembangan rencana pemasaran dan pengonrtolan program pemasaran.

Manajemen pemasaran hadir karena adanya pemasaran brand yang merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, setiap kegiatan yang diambil harus dirancangkan dengan baik dan benar guna mencapai suatu tujuan yang baik dalam perusahaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen perusahaan adalah salah satu tonggak dari lancarnya suatu usaha dalam perusahaan, maka dari itu anda manajemen pemasaran tidak dapat dipisahkan dari suatu perusahaan. Manajemen perusahaan memiliki berbagai macam tujuan penting diantaranya :

  1. Meningkatkan keuntungan

Teman – teman dari tim pemasaran adalah satu – satunya tim yang mampu menghasilkan keuntungan atau pendapatan untuk suatu perusahaan. Setiap keuntungan yang didapatkan tersebut adalah hasil dari penjualan jasa maupun barang yang memuaskan para konsumen. Maka tak heran jika marketing management adalah elemen penting yang harus ada dalam suatu perusahaan.

  1. Menciptakan adanya permintaan

Menciptakan adanya demand atau permintaan dengan berbagai cara merupakan salah satu tujuan yang penting dalam suatu perusahaan. Anda dapat membuat berbagai cara yang berhubungan guna mengetahui bagaimana selera dari pasaran konsumen terhadap produk maupun jasa yang anda tawarkan guna memenuhi kebutuhan dari masyarakat pula.

  1. Memuaskan pelanggan

Salah satu tujuan utama dari manajemen perusahaan yakni kepuasan dari pelanggan. Menciptakan konsumen baru saja tidaklah cukup karena suatu perusahaan juga harus melakukan pengembangan serta pendistribusian barang yang mampu memenuhi ekspektasi dari konsumen sehingga dapat lebih memuaskan mereka.

  1. Menciptakan pelanggan baru

Konsumen merupakan dasar paling penting dalam membuka suatu bisnis karena melalui konsumenlah suatu perusahaan mendapat keuntungan. Menciptakan adanya konsumen baru berarti melakukan identifikasi dan eksplorasi kebutuhan dari pelanggan secara luas. Apabila perusahaan ingin lebih bertahan dan maju dalam bisnisnya, menciptakan pelanggan baru adalah hal yang paling penting.

  1. Mencitrakan produk yang terbaik di mata konsumen

Tujuan dari manajemen pemasaran yang juga penting adalah membangun citra dari suatu produk baik di mata masyarakat. Jika tim pemasaran mampu menyediakan jasa maupun barang yang berkualitas kepada para konsumen dengan biaya yang wajar, tentu hal tersebut akan menciptakan adanya citra yang baik di mata masyarakat atau konsumen.

Tujuan Pokok Manajemen Pemasaran

Melakukan pemasaran suatu produk dari perusahaan sehingga mampu mencapai keuntungan untuk jangka panjang dari perusahaan serta untuk menjamin kelangsungan hidup dan pengembangan dari perusahaan.

Hadirnya manajemen pemasaran tidak dilepaskan dari adanya permintaan sehingga tugas manajemen pemasaran atau marketing management tidak hanya mengembangan dan mengusahakan adanya permintaan produk namun juga mencakup pengaturan waktu, jumlah, sifat serta permintaan yang sesuai dengan perusahaan.

Secara umum, jumlah dari permintaan terhadap barang maupun jasa dapat kurang, lebih besar dan bahkan sama dengan jumlah permintaan yang diharapkan suatu perusahaan. Terdapat lima sifat yang mampu menimbulkan tugas dari pemasaran yang berbeda – beda, diantaranya :

  1. Tidak ada permintaan atau no demand
  2. Permintaan negatif
  3. Permintaan menurun atau faltering demand
  4. Permintaan tersembunyi atau latend demand
  5. Permintaan yang tidak teratur atau irregular demand

Fungsi Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran memiliki beberapa tugas penting yakni melakukan analisis yang dapat dilakukan guna mengetahui lingkungan pemasaran, sehingga dapat dihasilkan seberapa besar peluang yang ada untuk merebut pasar serta seberapa besarnya ancaman yang wajib dimiliki perusahaan. Beberapa fungsi pemasaran diantaranya :

  1. Segmentasi pasar

Merupakan suatu kegiatan untuk membagi suatu pasar dalam beberapa kelompok yang berbeda – beda yang mana dalam setiap kelompok tersebut memiliki ciri masing – masing yang hampir sama. Dengan dilakukannya segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan lebih tertata serta sumber daya pada bidang pemasaran dapat digunakan dengan lebih efisien dan efektif.

Terdapat beberapa persyaratan untuk memenuhi segmentasi pasar yakni dapat diukur sehingga konsumen mampu dilayani dengan efektif, dapat diukur secara besar maupun luas dan daya beli segmen pasar, substansial agar dapat menguntungkan ketika dilayani serta dapat dilaksanakan dalam suatu perusahaan untuk mencapai tujuan.

  1. Analisis pasar

Tidak seluruh perusahaan yang ada saat ini memiliki divisi marketing serta penjualan secara formal. Namun setiap perusahaan tentu memiliki serta melaksanakan adanya berbagai elemen penting yang ada dalam aktivitas marketing serta penjualan dengan tujuan utama yakni membuat setiap konsumen baru maupun lama tertarik kembali menggunakan fasilitas maupun produk yang ditawarkan terus – menerus.

Terdapat beberapa hal hal yang perlu untuk diperhatikan ketika ingin mengetahui ancaman, peluang, keinginan dan kebutuhan konsumen yakni melakukan analisis terhadap ancaman dan peluang, juga analisis terhadap perilaku dari konsumen.

  1. Penetapan pasar sasaran

Hal ini dilakukan guna memberikan nilai keaktifan bagi setiap bagian yang kemudian akan memilih salah satu dari beberapa bagian pasar ataupun lebih untuk dilayani. Untuk penetapan pasar sasaran ini meliputi pengevaluasian bagian basar dengan pertumbuhan bagian seperti data mengenai pendapatan, jenis kelamin, usia dari masing – masing konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *