Contoh Perencanaan SDM dalam Perusahaan Teknologi

3 min read

judul Contoh Perencanaan SDM dalam Perusahaan Teknologi

Pertumbuhan perusahaan menyebabkan kebutuhan akan tenaga kerja tambahan yang berkualitas baik di bidang yang relevan. Kali ini kami akan membuat contoh perencanaan SDM dalam perusahaan.

Saat ini, organisasi memiliki jumlah karyawan yang cukup untuk mengatasi aktivitas sehari-hari dengan baik. Di masa depan, seiring dengan pertumbuhan perusahaan, akan membutuhkan karyawan baru. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan perencanaan SDM dalam perusahaan.

Contoh Perencanaan SDM dalam Perusahaan Teknologi

Berikut adalah struktur departemen SDM.

  1. Chief Human Resources Officer, bertanggung jawab untuk mengembangkan visi dan strategi perusahaan.
  2. Direktur Sumber Daya Manusia, bertanggung jawab atas implementasi visi dan strategi perusahaan.
  3. Manajer Sumber Daya Manusia, memantau dan membantu pekerjaan sehari-hari para profesional SDM.
  4. Spesialis Sumber Daya Manusia 3 orang, karyawan ini bekerja di berbagai bidang di departemen Sumber Daya Manusia. Tiap orang akan memiliki tugasnya masing-masing yaitu mengatur kompensasi & dokumen, melakukan wawancara, dan evaluasi proses kerja & bonus.
  5. People Data Analyst – membangun database dan alat untuk mengakses dan memodifikasi data ini.

Mempekerjakan karyawan baru

Rencana strategis memprediksi bahwa setiap enam bulan perusahaan akan tumbuh. Artinya, pemilihan staf baru perusahaan butuhkan dalam periode seperti itu. Menurut rencana strategis, setiap enam bulan perusahaan tumbuh dan merekrut staf baru.

Untuk itu, pencarian karyawan baru mereka mulai setiap lima bulan sekali. Jangka waktu perekrutan mereka adalah satu bulan.

Hal ini perlu kamu ingat dalam pembuatan contoh perencanaan sdm dalam perusahaan.

Rencana untuk merekrut karyawan baru

Mempekerjakan karyawan baru adalah proses kompleks yang melalui seleksi kandidat untuk posisi tertentu. Setelah resume semua kandidat manajer SDM tinjau, hanya yang ia setujui aka melanjutkan ke tahap wawancara.

Peran departemen Sumber Daya Manusia dalam merekrut karyawan baru

Direktur SDM bertanggung jawab atas persiapan materi iklan untuk menarik perhatian orang-orang yang memiliki kualitas yang perusahaan perlukan.

Kualitas-kualitas ini sebagian besar adalah pengetahuan teknis, pengetahuan tentang bahasa asing, pengalaman di lapangan, keterampilan organisasi.

Manajer SDM meninjau resume yang ia terima dan mengevaluasi kandidat berdasarkan informasi dalam resume mereka. Setelah proses ini, manajer memberikan daftar kandidat yang ia setujui kepada spesialis SDM yang perlu menjalin kontak dengan kandidat pekerjaan.

Spesialis SDM melakukan wawancara dengan kandidat yang manajer SDM pilih. Sebuah rencana rinci telah mereka susun untuk wawancara pekerja baru.

Setelah melakukan wawancara kerja, manajer SDM membuat keputusan akhir kandidat mana yang akan ia kerjakan.

Ia bertanggung jawab untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang karyawan butuhkan ketika mereka mulai bekerja, serta untuk kompensasi, pensiun, dan asuransi kesehatan.

Ketika pelamar sudah perusahaan pilih, tim HR memiliki tanggung jawab untuk menghubungi semua pelamar untuk mendapatkan umpan balik. Pelamar yang perusahaan pilih akan mendapatkan informasi mengenai pelatihan.

Pelatihan karyawan baru

Pelatihan harus dilakukan dalam waktu satu bulan.

Staf yang baru dilatih akan terdiri dari dua kelompok yang terdiri dari lima orang, masing-masing kelompok memiliki mentor dengan pengetahuan teknis dan keterampilan kepemimpinan.

Pelatihan ini dilakukan oleh seorang ahli teknis yang telah lulus kursus pelatihan manajemen. Dia adalah mentor bagi peserta didik. Mentor harus supervisor dari departemen lain seperti departemen teknis atau departemen komunikasi pelanggan.

Ada masa percobaan di mana baik karyawan maupun pemimpin organisasi dapat menilai apakah mereka bersedia bekerja sama. Setelah berhasil melewati masa pelatihan dan percobaan, karyawan dapat bekerja sesuai dengan pekerjaan yang perusahaan telah berikan.

Setelah menyelesaikan pelatihan staf baru, People Data Analyst mengumpulkan resume mereka dan menambahkannya ke database departemen SDM. People Data Analyst harus memiliki keterampilan organisasi, analitis, dan teknis.

Program sertifikasi untuk Manajer Sumber Daya Manusia

Manajer sumber daya manusia harus lulus program sertifikasi pelatihan SDM. Yang mana program pelatihan juga mencakup banyak topik bisnis yang merupakan kualifikasi tambahan yang bagus untuk manajer SDM organisasi.

Kualifikasi tambahan dari staf saat ini

Pekerjaan menentukan jenis keterampilan dan kemampuan yang harus dimiliki setiap karyawan di perusahaan. Yang paling penting adalah pengetahuan teknis, komunikasi, dan keterampilan administrasi.

Kekuatan karyawan perusahaan saat ini terletak pada keterampilan teknis dan komunikasi yang baik.

Keterampilan komunikasi mendukung layanan pelanggan yang baik. Berkat keterampilan teknis mereka, tim spesialis di perusahaan memecahkan masalah teknis dan menciptakan alat untuk mendukung pekerjaan yang efisien dan berkualitas.

Ada pekerja yang belum memasuki proses kerja dengan baik. Agar perusahaan dapat mendukung pelatihan mereka, kualitas dan efisiensi pekerjaan mereka perlu dipantau.

Ada karyawan dengan kesenjangan komunikasi dan kepemimpinan. Keterampilan staf saat ini dibangun selama proses kerja.

Perusahaan harus dapat menawarkan karyawannya pelatihan tambahan di bidang yang relevan sehingga karyawan dapat termotivasi untuk mengembangkan kualitas mereka.

Memindahkan karyawan dari satu posisi ke posisi lain

Pemindahan karyawan dari satu posisi ke posisi lain (Perekrutan Internal) terjadi dengan persetujuan karyawan dan rekomendasi dari pemimpin timnya. Jika pemimpin tim berpikir bahwa seorang karyawan cocok untuk posisi yang lebih tinggi dan memiliki karyawan lain dari perusahaan untuk mengisi posisinya saat ini, maka dia menjalani wawancara singkat dan tugas untuk menentukan tingkat pengetahuannya untuk posisi baru.

Ini paling sering terjadi ketika perusahaan sedang berkembang dan perlu merekrut staf baru.

Dalam kasus seperti itu, karyawan baru dipekerjakan di posisi yang lebih rendah untuk diperkenalkan dengan cara kerja dan ketika mereka menunjukkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka, mereka dapat pindah ke posisi baru atau bahkan di departemen lain perusahaan.

Contoh Perencanaan SDM dalam Perusahaan Teknologi - anggaran

Alat, sumber daya, lingkungan, anggaran, dan Deadline

Deadline

  • Mempekerjakan karyawan untuk Departemen Sumber Daya Manusia selama 1 bulan
  • Membangun lingkungan kerja (software untuk video call, chat, VPN, database, dll.) selama 3 bulan
  • Mempekerjakan karyawan untuk departemen teknis dan departemen komunikasi pelanggan selama 6 bulan

Peralatan

  • Perangkat lunak panggilan video (zoom)
  • Software pengujian dan evaluasi online
  • Perangkat lunak penyimpanan dokumen online
  • Perangkat lunak obrolan online
  • Infrastruktur untuk sistem penggunaan internal
  • sistem VPN

Lingkungan

Melalui sistem VPN, karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah.
Dengan demikian, karyawan perusahaan tetap aman dan saat ini tidak perlu kantor baru

Sumber daya

  • Setiap karyawan harus memiliki laptop kerja
  • Lisensi perangkat lunak obrolan video diperlukan. Misalnya Zoom.

Anggaran

  • Laptop untuk setiap karyawan baru. Misalnya, “Lenovo ThinkPad L570” dengan harga rata-rata 15jt.
  • Lisensi perangkat lunak panggilan video. Misalnya, “Zoom” dengan harga 250rb per bulan.
  • Gaji untuk karyawan baru (Dukungan Teknis dan Layanan Pelanggan) gaji awal 5jt.

Demikian contoh perencanaan sdm dalam perusahaan IT.

Semoga artikel ini dapat membantumu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *