8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Cermat

8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Cermat
  • Post author:
  • Post last modified:5 Februari 2021
  • Reading time:6 mins read

Masyarakat tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari yang membutuhkan anggaran cukup besar. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, kebutuhan keluarga akan semakin meningkat. Dana yang dibutuhkan bisa membuat pusing. Untuk memenuhi semua kebutuhan, Anda harus mengelola keuangan dengan bijak. Mengelola keuangan keluarga memang tidak mudah. Namun ada beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa anda coba. Jika tidak ada cara mengatur, gaji bulanan hanya terlewatkan begitu saja. Anda bisa memanfaatkan cara mengatur uang belanja dengan baik. 

Selain itu, setiap keluarga harus merencanakan masa depannya sendiri, seperti liburan, memiliki rumah dan mobil sendiri, uang sekolah anak, dan dana pensiun. Rencana tersebut membutuhkan banyak uang, dan mencari penghasilan tambahan tidaklah mudah. Oleh karena itu, Anda memerlukan beberapa metode untuk mengelola keuangan keluarga dengan bayaran rendah agar Anda dapat melaksanakan rencana yang telah disiapkan. Mungkin caranya hampir sama dengan manajemen keuangan rumah tangga. Anda bisa simak ragam tips cara mengatur keuangan rumah tangga di bawah ini:

  1. Evaluasi cicilan yang dimiliki

Banyak orang kesulitan mengatur keuangan keluarga karena cicilan rumah (KPR) memotong sebagian besar gaji bulanan mereka. Dianjurkan pembayaran angsuran KPR tidak melebihi 25% dari total gaji bulanan.Tip: Carilah hipotek dengan cicilan paling sedikit, atau jika Anda tidak mampu melepas hipotek, Anda harus mencari sewa yang murah. Harus ada beberapa rencana berdasarkan kemampuan. Kuncinya adalah Anda harus bekerja keras untuk mencari informasi mana yang sesuai untuk anda.

Jika Anda memiliki rumah sendiri, Anda dapat menyisihkan sebagian dari gaji Anda untuk tabungan atau investasi. Jika masih lajang, menyewakan kamar di rumah untuk 1 atau 2 orang teman adalah salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan. Uang yang Anda peroleh dari menyewa kamar tersebut dapat membantu Anda membayar cicilan lebih ringan dan cara yang baik untuk berinvestasi. Dengan cara ini, Anda bisa mencicil rumah dan mencadangkan sejumlah dana untuk investasi lain, seperti tabungan dan dana darurat. Anda juga bisa belajar mengatur keuangan rumah tangga lebih baik. 

  1. Rencanakan anggaran belanja bulanan dengan baik

Ketika uang digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda, sering kali terjadi pemborosan financial yang mungkin tidak anda sadari. Cara terbaik untuk mengelola pendapatan adalah dengan menggunakan anggaran tertulis untuk membuat rencana pengeluaran bulanan.Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang disiapkan. Ketika Anda perlu membeli apa yang Anda butuhkan, Anda memiliki anggaran untuk berbelanja. Tapi jangan menggunakan uang lebih dari anggaran yang disiapkan, karena sisa uang sudah dialokasikan untuk kebutuhan lain.Tip: Rencanakan anggaran bulanan Anda secara tertulis dan bagi daftar pengeluaran menjadi dua bagian, yaitu: kebutuhan primer dan tersier. 

Kebutuhan primer meliputi: makanan, biaya transportasi, listrik, air dan biaya telepon, kredit pemilikan rumah, sepeda motor dan mobil. Sedangkan kebutuhan tersier antara lain: membeli pakaian, anggaran untuk bepergian, dan anggaran untuk berkumpul dengan teman atau kolega. Merencanakan daftar belanja sangat efektif karena anda bisa mengetahui berapa yang harus dikeluarkan, sisa uang bisa ditabung untuk keperluan lain. Selain terbiasa menyusun anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus paham mengikuti anggaran keuangan yang sudah ditetapkan. Anda juga bisa gunakan sistem ini sebagai cara mengatur keuangan pribadi remaja. 

  1. Anda bisa beli barang yang masih layak 

Anda bisa menghemat anggaran dengan membeli barang-barang yang masih layak pakai, seperti mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dll. Banyak orang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, dan bahkan belum pernah digunakan sekalipun. Beberapa toko online menawarkan barang bekas yang jarang digunakan ini, dan Anda bisa temukan barang terbaik dengan sedikit pengamatan. Tips ini bisa menjadi salah satu cara mengelola keuangan dengan baik. 

Tip: Membeli barang lama yang masih layak pakai, atau membeli barang lama dengan kondisi masih baru, dll, bisa sangat membantu Anda menghemat uang. Misalnya untuk keluarga yang baru saja pindah dan membutuhkan furniture seperti meja, kursi dan furniture rumah tangga lainnya. Sebaiknya beli barang bekas yang masih tersedia di toko barang bekas, pasar barang bekas dan toko online, tapi jangan lupa melakukan penawaran. 

  1. Manfaatkan kartu kredit dengan bijak

Berbelanja dengan kartu kredit itu mudah, dan semuanya bisa dibeli. Jika Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka kartu kredit dapat membantu mengatur keuangan Anda, misalnya: gunakan promosi untuk membeli barang yang Anda butuhkan. Namun, jika Anda tidak sengaja menggunakan kartu kredit, Anda juga bisa terjerat hutang jangka panjang. Riset menunjukkan bahwa kartu kredit merupakan cara termudah untuk membelanjakan uang, karena selain uang yang dikeluarkan juga terdapat bunga dan biaya pengelolaan kartu kredit.

Kiat: Jika Anda tidak memiliki kendali atas kartu kredit, jika Anda ingin menghemat uang, sebaiknya anda lupakan kartu kredit tersebut. Kebiasaan menggunakan kartu kredit akan menimbulkan pemborosan dan menimbulkan konsekuensi finansial yang serius. Jangan sampai keluarga meributkan hutang kartu kredit dan selalu gunakan dengan bijak. Cara mengelola keuangan rumah tangga satu ini bisa menjadi solusi efektif.

  1. Hemat pengeluaran untuk beberapa aktivitas 

Anda bisa melakukan banyak aktivitas sekaligus menghemat uang, seperti membeli makan siang sambil mengerjakan tugas di luar kantor. Ini menghemat lebih banyak biaya bahan bakar daripada melakukan beberapa perjalanan yang tidak efisien. Tip: Setor selisih uang ke rekening tabungan Anda secara teratur. Sekalipun rumah Anda dekat dengan lokasi kerja, Anda tetap bisa menikmati makan siang dan kopi di rumah. Selalu ada beberapa cara untuk menghemat uang, tergantung pada diri anda sendiri. 

  1. Cari tambahan penghasilan

Anda bisa gunakan waktu yang dimiliki dengan mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk menambah penghasilan, seperti jual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dll. Yang terpenting tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Dengan penghasilan tambahan yang lebih banyak, lebih banyak gaji yang dapat disisihkan untuk ditabung. Anda juga bisa coba cara orang tionghoa mengatur keuangan. 

  1. Selalu siapkan dana cadangan 

Persyaratan ini sama pentingnya. Alokasikan anggaran untuk cadangan atau dana darurat. Cadangan ini digunakan untuk keperluan darurat. Anda dapat menyisihkan uang untuk menyiapkan dana tersebut. Dalam hal ini, jika tidak ada kebutuhan mendesak sebelum akhir bulan, Anda perlu membuat komitmen untuk tidak menggunakan uang cadangan. Kecuali jika Anda ingin menggunakan dana tersebut untuk investasi.

  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan 

Jika sudah mengalokasikan dana untuk beberapa kebutuhan di atas, dan masih ada sisa dana, anda bisa alokasikan dana tersebut untuk kebutuhan sekunder (penunjang) dan tersier, seperti membeli pakaian, kosmetik, sepatu, traveling, pembelian elektronik atau pengeluaran lainnya. Jika  Anda sangat membutuhkan sepatu baru karena sepatu lama Anda rusak, pergilah berbelanja. Anda bisa coba cara mengatur keuangan rumah tangga untuk mencapai kebebasan finansial dalam satu tahun.

Tinggalkan Balasan